Menjelajahi Wisata Rawa Pening Ambarawa



foto rawa pening by :@liliskhusniati

Setelah beberapa sebelumnya kerajinanambarawa.com menyuguhi dengan artikel tentang rawa pening sebagai populasi eceng gondok, dan beberapa artikel lainnya telah sedikit kami singgung tentang rawa pening yang juga digunakan sebagai objek wisata. Maka kini kerajinanambarawa.com akan mengulas tentang penjelajahan wisata rawa pening ambarawa yang terletak di pinggir dari pusat kota Ambarawa.
Nah, bagaimana kelanjutannya? Langsung saja simak artikel menjelajahi wisata rawa pening Ambarawa ini.

Rawa Pening adalah danau sekaligus tempat wisata air dengan luas 2.670 hektare yang menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Rawa Pening ini berada di cekungan terendah lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran.
Daya tarik yang ada di Rawa Pening: Wisata Tirta: dengan perahu tradisional, Penghasil enceng gondok sebagai bahan kerajinan, area pemancingan alam, Sumber mata pencaharian nelayan dan petani ikan, Obyek fotografi yang sangat mempesona.
Menjala Ikan Di Rawa Pening
Foto of @bravohitam on IG
Naik Perahu Rawa Pening
Foto of @moy84 on IG
Danau ini mengalami pendangkalan yang pesat. Di tengah tengahnya banyak sekali tumbuh enceng gondok yang hampir menutupi seluruh permukaannya sebagian menjadi tempat mencari ikan. Gulma ini juga sudah menutupi Sungai Tuntang, terutama di bagian hulu. 
foto :seputarsemarang.com

Usaha mengatasi spesies invasif ini dilakukan dengan melakukan pembersihan serta pelatihan pemanfaatan eceng gondok dalam kerajinan, namun tekanan populasi tumbuhan ini sangat tinggi. Saat menyewa perahu motor ke tengah rawa terasa sekali aura mistis dan misteriusnya, namun sayang segala potensi yang ada kurang bisa tergali karena pengelolaan yang terkesan seadanya. Untuk bisa ke tengah rawa pening ini bisa menyewa perahu motor dengan tarif 30 ribu rupiah untuk 30 menit max 6 orang. Rawa Pening juga merupakan salah satu tempat yang indah untuk foto foto Pre Wedding.
Bagaimana? Indah, bukan? Tentu keindahan ini terjadi setiap hari didaerah wisata rawa pening karena keadaan danaunya yang masih sangat alami. Pemerintah kota Ambarawa telah mengelolanya sebagai objek wisata karena memang sering dikunjungi wisatawan terutama dari luar kota Ambarawa. Dengan adanya pengelolaan itu pula yang menjadikan wajah rawa pening yang alami namun tak terkesan primitif karena disekitar rawa pening telah didirikan beberapa bangunan dan tentunya banyak warga sekitar memanfaatkan lahan sekitar itu juga sebagai tempat berdagang ala khas Ambarawa, termasuk juga kerajinan eceneg gondok Ambarawa.

Dannov media

Info dan Pemesanan Hub. HP. 0857-2705-3099 / 0857-8609-6166 Kami adalah komunitas pengrajin enceng gondok dari Ambarawa Kab. Semarang, memiliki Anggota 7 kelompok lebih pengrajin dengan kreasi produk kerajinan higga ratusan jenis produk.

No comments:

Post a Comment