Kesenian Eceng Gondok Ambarawa Bernilai Ekspor





Indonesia memiliki banyak kerajinan yang telah memasuki pasaran dunia sejak dulu. Semua kerajinan Indonesia dinilai oleh masyarakat dunia sebagai kerajinan dengan nilai seni yang unik. Biasanya kesenian yang demikian berkembang dalam masyarakat adat di Indonesia. Contohnya adalah sarung tenun, juga batik. Dua kesenian itu telah lama dikenal di pasar dunia karna nilai seni yang unik tadi. 

Masyarakat daerahnya mengembangkan diri dengan keadaan seni daerah itu sendiri.
Maka, kini mari kita lihat kesenian yang serupa, yaitu dengan nilai pasar ekspor juga.  Adalah kesenian eceng gondok ambarawa yang juga telah lama dikembangkan oleh masyarakat kampung sekitar ambarawa, tepatnya sekitar rawa pening.


Rawa pening merupakan rawa dengan tingkat pertumbuhan eceng gondok yang bisa dikatakan subur, karena dalam satu tahun hampir tak pernah kering dari tanaman yang hidup di rawa-rawa tersebut.Maka, kepandaian dan kreatifitas masyarakat ambarawa berhasil merubah tanaman yang selama ini dikenal hanya sebagai hama itu menjadi nilai seni yang berdaya jual tinggi.
Memanfaatkan keadaan lingkungan rawa pening, kini masyarakat ambarawa memilih untuk melestarikan dan menjadikan eceng gondok sebagai tanaman budidaya yang merupakan bahan dasar pembuatan kesenian eceng gondok.

Danau seluas 2.670 hektare ini juga senantiasa membantu pendapatan masyarakat Ambarawa dalam berbagai pendapatan. Disamping penghasil populasi eceng gondok, Rawa Pening juga merupakan tempat wisata. Misalnya juga wisata apung, baca DISINI.

Misalnya saja rumah kesenian Klinting Ambarawa yang memproduksi kesenian eceng gondok dan menjadikannya lukisan, mainan, meubel, kursi, meja, dan lain semacamnya. Di rumah produksi Klinting ini, juga mengajarkan bagi wisatawan untuk bisa mengolah tanaman eceng gondok dalam pelatihan Klinting kesenian eceng gondok.


Dinilai bahwa kesenian eceng gondok layak bersaing  dengan produk kesenian mancanegara juga. Hal ini tentu membanggakan sebagian besar pengolah kesenian eceng gondok ini dan menambahi produksinya.Maka, tentu kesiapan internal adalah hal yang lebih utama dalam menjawab semua tantangan pasar mancanegara itu.

Dan telah kita sadari bahwa Indonesia menjadi bagian dalam perdagangan Internasional se Asia dalam MEA  di persiapan tahun ini. Maka, kinilah saatnya bagi kita untuk serta merta ikut mendukung produk dalam negeri, tak hanya pasar Asia, namun menuju pasar dunia.

Dannov media

Info dan Pemesanan Hub. HP. 0857-2705-3099 / 0857-8609-6166 Kami adalah komunitas pengrajin enceng gondok dari Ambarawa Kab. Semarang, memiliki Anggota 7 kelompok lebih pengrajin dengan kreasi produk kerajinan higga ratusan jenis produk.

No comments:

Post a Comment