Inilah Serabi Yang Mesti Kamu Coba Di Ambarawa



Seantero Ambarawa, siapa yang tidak kenal dengan serabi Ngampin. Mungkin hanya orang-orang diluar Ambarawa dan diluar Ungaran yang tidak mengetahui bahwa ada jajanan kuliner khas yang terkenal seperti serabi Ngampin ini. Seperti saya contohnya. Saya baru tahu bahwa di Ambarawa ada jajanan serabi karena setelah mlipir ke Museum Palagan Ambarawa, sekalian mampir ke daerah Ngampin.


Serabi adalah penganan khas Indonesia terutama paling ngetop sejawa. Mungkin bisa disandingkan dengan pancake. Dinamakan serabi Ngampin karena memang serabi ini dijual disepanjang jalan Ngampin. Ada dua varian rasa serabinya. Ada yang tawar/gurih dan ada yang manis. Biasanya yang tawar berwarna putih atau hijau. Yang hijau karena beraroma pandan. Sedangkan yang rasa manis berwarna coklat karena adonannya bercampur dengan gula merah.


Konon kabarnya, kuliner serabi Ngampin ini sudah ada sejak tahun 1970. Pada hari-hari biasa, yang berdagang serabi ini paling hanya 1-2 pedagang. Berbeda ketika malam hari dipertengahan bulan Sya'ban, maka banyak berderet penjual serabi di sepanjang jalan Ngampin. Hampir sepanjang jalan terdapat gubuk sederhana tempat menjual serabi.

Di Ngampin ini, serabi masih dimasak menggunakan anglo dan cetakan tradisional. Yang unik adalah tempat etalase serabinya yang terbuat dari bakul yang ditutupi dengan plastik. Fungsi plastik disini adalah menghindarkan serabi-serabi yang sudah matang terkena asap kendaraan yang lewat.

Lalu, sebenarnya apa yang istimewa dari serabi Ngampin? Usut punya usut, serabi Ngampin ini sebenarnya sama dengan serabi pada umumnya. Terbuat dari tepung beras dan santan sehingga ada rasa gurihnya. Biasanya serabi dimakan dengan kuah dan kuahnya terbuat dari gula merah, pandan dan santan direbus. Bagi penyuka rasa makanan manis pastinya bakalan ketagihan. Bedanya serabi Ngampin dari serabi lainnya adalah ukurannya yang agak imut.



Bagi Anda yang tidak menyukai makanan manis bisa mencicipi serabi tawarnya saja tanpa kuah. Atau bila ingin jajan selain serabi, penjual serabi Ngampin juga menjual kerupuk sermiyer - sejenis kerupuk atau opak yang terbuat dari singkong dan berdiameter kira-kira sepanjang penggaris 30cm. Jadi bagi Anda yang ke Ambarawa, jangan lupa mampir ke daerah Ngampin untuk membeli serabinya.

Dannov media

Info dan Pemesanan Hub. HP. 0857-2705-3099 / 0857-8609-6166 Kami adalah komunitas pengrajin enceng gondok dari Ambarawa Kab. Semarang, memiliki Anggota 7 kelompok lebih pengrajin dengan kreasi produk kerajinan higga ratusan jenis produk.

No comments:

Post a Comment