Begini Cara Membuat Sepatu dari Eceng Gondok

Eceng Gondok adalah salah satu jenis tanaman air yang mengapung, bagi sebagian masyarakat yang tinggal dipinggiran sungai biasanya menganggap bahwa Eceng Gondok adalah tanaman parasit yang hanya mengotori sungai dan membuat sungai tersumbat karena Eceng Gondok yang terlalu banyak. Biasanya memiliki tinggi 0,4-0,8 meter dan berakar serabut.
Hal tersebutlah yang membuat Eceng Gondok memiliki image sebagai ‘tanaman pengganggu’. Karena imagenya yang kurang bagus itu maka banyak orang yang membuang-buang tanaman itu, padalah jika kita jeli melihat peluang maka pada tanaman Eceng Gondok ada banyak peluang-peluang yang dapat menghasilkan uang. Bahkan tanaman Eceng Gondok dapat dijadikan bisnis besar seperti bisnis pembuatan sepatu, tas, tikar, keranjang, kompor, tatakan gelas dan nampan. Dan sekarang Eceng Gondok dimanfaatkan untuk mendukung industri furniture dan mebel sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melambung.

Saat ini telah banyak daerah yang mengembangkan bisnis kerajinan tangan dari Eceng Gondok. Proses pembuatan kerajinan tangan ini tidaklah sulit, hanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan sekarang kita akan membahas bagaimana cara pembuatan Sepatu Eceng Gondok. Langkah-langkah pembuatan seperti pengumpulan eceng gondok, Pemisahan, pengeringan dan penguliran  hingga penganyaman Eceng Gondok. Berikut urutan pembuatannya, seperti:


1.      Pengumpulan Eceng Gondok.



Pertama yang harus dilakukan adalah memilih dan memilah Eceng Gondok yang mana yang baik untuk dijadikan sebagai bahan kerajinan. Kita harus jeli dalam memilih Eceng Gondok  sebagai bahan agar hasil kerajinan yang dihasilkan bagus dan awet, tidak mudah rusak. Setelah menemukan yang baik untuk dijadikan bahan maka Eceng Gondok  dapat langsung mencabutnya dan dikumpulkan untuk dipilah-pilah.

2.      Pemisahan Pangkal Tangkai Eceng Gondok

Setelah Eceng Gondok dicabut dan dikumpulkan, lalu dipilah maka tangkai Eceng Gondok harus dipisahkan. Cara pemisahan tangkai Eceng Gondok dapat dilakukan dengan menggunting bagian akarnya dan daunnya hingga hanya tangkainya saja yang tersisa.

3.      Pengeringan dan Penguliran Pangkal Tangkai Eceng Gondok
Setelah terpisah antara daun dan akar, maka tangkai Eceng Gondok harus dibersihkan dengan cara mencuci tangkai Eceng Gondok dengan air bersih, lalu lakukan penguliran agar tidak banyak air yang terserap. dan kita dapat langsung menjemurnya kuranglebih selama satu minggu untuk mendapatkan hasil Eceng Gondok yang bagus.



4.   Penganyaman Eceng Gondok


Setelah tangkai Eceng Gndok dibersihkan, dikeringkan dan dilakukan penguliran maka Eceng Gondok menjadi kering dan siap untuk dianyam.
Proses penganyaman dilakukan oleh tukang-tukang professional yang dapat menyulap tanaman Eceng Gondok menjadi sebuah sepatu unik nan cantik. Menganyam dengan teliti, dan diberi alas sepatu untuk alasnya serta di lem agar sepatu menjadi lebih kuat.


Dan itulah beberapa tahap cara pembuatan sepatu Eceng Gondok, memang tidak mudah cara pembuatannya tetapi bukan tidak mungkin kita dapat membuatnya sendiri, hanya membutuhkan waktu yang relative lama.
Selamat mencoba kerajinan tangan yang unik ini.

Dannov media

Info dan Pemesanan Hub. HP. 0857-2705-3099 / 0857-8609-6166 Kami adalah komunitas pengrajin enceng gondok dari Ambarawa Kab. Semarang, memiliki Anggota 7 kelompok lebih pengrajin dengan kreasi produk kerajinan higga ratusan jenis produk.

No comments:

Post a Comment