Rawa Pening Sebagai Sumber Populasi Enceng Gondok Ambarawa




Bagi sobat yang tinggal di Kabupaten, pasti tau tentang Kota Ambarawa. Kota kecil ini selain menyimpan banyak sejarah, juga mempunyai banyak daerah wisata. Salah satu yang terkenal adalah Rawa Pening, yang juga memiliki nilai sejarah tinggi karena sebagai legenda dongeng bagi mayarakat sekitar.

Rawa Pening adalah danau sangat luas yang berada di pinggir kota Ambarawa. Danau ini termasuk danau yang cantik dan sebagai tempat wisata juga bagi penduduk lokal ataupun pengunjung dari berbagai daerah lain. Wisata di Rawa Pening berupa menaiki perahu yang disewa untuk berkeliling menelusuri danau ini untuk menikmati pemandangan khas pedesaan Ambarawa.

 
Dan tidak lupa juga bahwa Kota Ambarawa memiliki banyak pengrajin dari kerajinan enceng gondok. Kerajinan yang berbahan dasar dari batang enceng gondok ini, mampu dijadikan banyak anyaman dan bahkan dikirim sampai keluar negeri terutama karena dianyam sebagai furniture dan perabotan rumah tangga semisal kursi atau sofa dari enceng gondok.

Jadi, Rawa Pening sebagai danau yang luas sangat berpengaruh bagi pengrajin enceng gondok ambarawa karena enceng gondok diketahui tumbuh dan berkembang diperairan seperti danau. Maka jika sobat berkunjung ke Rawa Pening, akan ditemukan banyak populasi enceng gondok ini terutama dipinggir rawanya.

Enceng gondok bisa tumbuh tanpa mengenal dua musim di Indonesia. Iklim danau yang selalu sejuk dapat mengembangbiakan enceng gondok dengan sempurna. Maka, pengrajin kerajinan enceng gondok jarang atau bahkan tidak pernah mengalami kesulitan bahan baku karena rawa pening sebagai habitatnya juga tidak pernah kering dari air.



Kalau banyak tanaman enceng gondok, mungkin sobat akan berfikiran bahwa kehidupan biota airnya atau keadaan air dari rawa pening akan sangat buruk, kotor, kering, tak terawat. Tapi bisa dibuktikan bahwa sobat akan melihat pemandangan cantik di rawa pening padahal ditumbuhi enceng gondok. Hal itu terjadi karena pengrajin ambarawa yang memanfaatkan tanaman enceng gondok sebagai bahan kerajinan mereka, selalu memperhatikan lingkungan. Mereka menanam, melestarikan, dan memanen enceng gondok dengan tidak mengabaikan keindahan dan kelestarian alam rawa pening.


Alhasil akan sobat temui perpaduan keindahan antara danau rawa pening dengan tanaman enceng gondok. Terlebih jika beruntung menemui tanaman enceng gondok di musim berbunga. Wah jadi lebih indah pastinya.

Dannov media

Info dan Pemesanan Hub. HP. 0857-2705-3099 / 0857-8609-6166 Kami adalah komunitas pengrajin enceng gondok dari Ambarawa Kab. Semarang, memiliki Anggota 7 kelompok lebih pengrajin dengan kreasi produk kerajinan higga ratusan jenis produk.

No comments:

Post a Comment