Inilah Alasan Enceng Gondok Bisa Dijadikan Kerajinan

Pada umumnya, kebanyakan orang hanya mengenal tanaman enceng gondok sebagai tanaman yang hidup diatas permukaan air yang mengganggu. Selain mengganggu lingkungan air itu, misalnya saja kolam, juga ternyata mengganggu habitat air. Karena tanaman enceng gondok ini bisa menyerap oksigen yang ada didalam air. Yang artinya menyedot oksigen dari ikan-ikan dan hewan air lainnya untuk bernafas yang ada disekitar tanaman enceng gondok.
Tapi sudahkah anda tahu bahwa tanaman enceng gondok memiliki manfaat untuk mudah dibentuk menjadi kerajinan yang indah.? Kebanyakan kerajinan dari enceng gondok dijadikan furniture rumah tangga, meubel, hiasan, dan bentuk lain. Nah, dari sini kita sudah faham kan bagaimana enceng gondok itu ternyata dapat dimanfaatkan sedemikian rupa. Tapi, apa yang membuat enceng gondok dapat berubah bentuk itu.?


Enceng gondok memiliki Unsur SiO2, calsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (Na), chlorida (Cl), cupper (Cu), mangan (Mn), ferum (Fe) dan banyak lagi. Pada akarnya terdapat senyawa sulfate dan fosfat. Daunnya kaya senyawa carotin dan bunganya mengandung delphinidin-3-diglucosida. Dengan seluruh kandungan kimia yang ada itu, enceng gondok dapat menyembuhkan tenggorokan terasa panas, kencing tidak lancar, biduran dan bisul. Kandungan senyawa penting tadi terdapat diseluruh organ tanaman dari akar sampai daun dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Bahkan bunganya yang menawan juga bagus dijadikan bahan obat tradisional.
Maka, sampai di titik ini kita mendapat sedikit pengetahuan baru tentang manfaat enceng gondok. Lain kali, InsyaAllah akan admin posting manfaat yang lebih lengkap tentang tanaman enceng gondok ini.


Untuk bahan kerajinan anyaman hanya tangkai daunnya saja,  bagian tanaman lain yaitu akar,daun,tunas dan bunganya dibuang. Daun eceng gondok bisa dipakai untuk kompos atau makanan ternak. Tangkai Enceng Gondok dibersihkan dengan air bersih (dapat juga pakai sabun atau kaporit, agar bersih).
Pengeringan dilakukan dengan menjemur pada permukaan lantai semen (kurang-lebih 7 hari).Dengan terlebih dahulu dikeluarkan kandungan airnya dengan di pres secara manual pengeringan akan lebih cepat. Pengelompokan tangkai eceng gondok berdasarkan panjangnya atau besar penampangnya.
Tangkai yang sudah kering dapat dibelah belah menjadi bagian-bagian yang lebih tipis.

Mungkin sebagian kita belum percaya dengan gambar kerajinan enceng gondok itu. Tapi, begitulah tanaman enceng gondok yang dapat dimanfaatkan menjadi berbagai bentuk. Kalau anda masih penasaran, atau bahkan ingin mencoba membuat enceng gondok menjadi kerajinan yang apik itu juga, datang saja langsung ke tempat kami.

Dannov media

Info dan Pemesanan Hub. HP. 0857-2705-3099 / 0857-8609-6166 Kami adalah komunitas pengrajin enceng gondok dari Ambarawa Kab. Semarang, memiliki Anggota 7 kelompok lebih pengrajin dengan kreasi produk kerajinan higga ratusan jenis produk.

No comments:

Post a Comment