Workshop : Merubah Enceng Gondok Menjadi Kerajinan Bernilai Mahal @Palembang


HP. o856-4020-3369 (EKO) Pelatihan pemberdayaan enceng gondok dalam penanggulangan Banjir dan Drainase PALEMBANG bersama dinas PU BM dan PSDA.

video pelatihan enceng gondok di Palembang


Dua hari ini, saya bersama salah seorang pengrajin enceng gondok dari ambarawa, pak Slamet namanya  berkesempatan  diundang oleh yayasan Tunas Nusa yang digawangi oleh ibu Ramalis Subandi. Beliau mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan enceng gondok yang dilaksanakan di Quenn Hotel ambarawa. Penyelenggaara acara ini adalah Dinas PU BM & PSDA (Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air) kota Palembang. Kota kelahiran istri saya..

Peserta pelatihan ini merupakan komunitas masyarakat peduli banjir (KMPB) dan juga masyarakat sekitar rawa di pesisir Palembang. Hadir dalam acara ini sekitar 50 peserta. Acara ini bertujuan untuk memanfaatkan keberadaan enceng gondok yang mulai meresahkan warga dan juga menjadi problem bagi dinas PU karena penimbunan enceng gondok dipalembang ini. 

Masalah yang muncul berikutnya adalah banjir. Banjir ini sering terjadi karena mayoritas wilayah Palembang adalah rawa-rawa. Di aliran sungai sekita perumahan warga, ada banyak sekali enceng gondok. Sehingga jika enceng gondok ini tidak diatasi maka akan menjadi masalah.

Pelatihan ini memberikan solusi effectif.


Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan ada kepedulian dari warga sekitar. Kepedulian ini diharapakn muncul setelah memahami peluang bisnis yang memanfaatkan adanya enceng gondok yang ada disekitar mereka. Selain memanfaatkan untuk bahan baku pembuatan berbagai kerajinan, maka dengan adanya pengambilan enceng oleh masyarakakat ini sebagian dari kerjaan dinas dimudahkan. 

Acara ini berlangsung selama dua hari. Hari pertama diisi dari beberapa materi diantaranya materi overview kondisi kota Palembang. Kemudian materi pengenalan komunitas pengrajin ambarawa. Materi selanjutnya engenai membangun bisnis dari nol, dan beberapa materi yang lain. Baru kemudian peserta diajak untuk praktik langsung membuat sandal kerajinan enceng gondok, dari mulai menganyam hingga jadi sandal kerajinan tersebut. 

Hasil dari pelatihan ini juga sangat memuaskan, peserta yang terbagi menjadi lima kelompok itu berhasil membuat sadal kerajinan mereka sendiri, dengan hasil cukup memuaskan. Kemudian masing-masing  kelompok ini dikompetisikan untuk membuat rencana bisnis. Rencana bisnis dari masing-masing kelompok tersebut akan dinilai kelayakannya apakah rencana bisnis tersebut layak memperoleh modal awal untuk memulai bisnis kerajinan enceng gondok. Selain itu mereka juga berkesempatan memenangkan hadiah utama untuk tour ke daerah jawa ke kulonprogo dan ambarawa untuk melihat langsung enceng dan kerajinan disana.

Pelatihan kerajinan enceng gondok ini juga memberikan dampak social yang cukup baik kepada masyarakat terutama dalam hal keperdulian nya terhadap lingkungan. Dengan adanya komunitas yang  peduli akan kebersihan dan kerjainan ini maka diharapkan mereka bisa bersinergis dengan semua pihak untuk mengatasi maslah bersama yang sedang di hadapi.

Sambutan Kepala Dinas PUBM dan PSDA dengan Yayasan Tunas Nusa


Materi dari Pak Slamet Mengenai pengenalan enceng gondok

Pelatihan menganyam tahap 1 untuk membuat Sandal Enceng Gondok

Peserta pelatihan tampak memamerkan sandal hasil karyanya sendiri

Peserta pelatihan sibuk membuat sandal

Peserta memamerkan Tas cantik berbahan baku enceng gondok

dalam pelatihan ini dilibatkan juga mahasiswa yg nanti akan menjadi pendamping kegiatan

peserta memamerkan SANDAL Enceng gondok hasil karyanya 

Foto bersama dengan group pemenang Kompetisi 

Foto bersama dengan pihak dinas dan pemateri

sumber :  dari webstie Eko Novianto

PELANGI MULTIMEDIA

Info dan Pemesanan Hub. HP. 0857-2705-3099 / 0857-8609-6166 Kami adalah komunitas pengrajin enceng gondok dari Ambarawa Kab. Semarang, memiliki Anggota 7 kelompok lebih pengrajin dengan kreasi produk kerajinan higga ratusan jenis produk.

No comments:

Post a Comment