Mengenal Pesona Kota Ambarawa Dan Sekitarnya

SEKILAS AMBARAWA


Ambarawa terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Sekitar 30 Km arah selatan  Ibukota Propinsi Semarang dan 75 Km Timur Yogyakarta (7 ° 15 ‘28 ” Lintang Selatan dan 110 ° 24′ 19″ Bujur Timur). Dalam Bahasa Jawa, ‘Amba’ berarti luas dan ‘Rawa’ berarti rawa, jadi Ambarawa berarti Rawa yang Luas. Sepertinya, ini merujuk ke sebuah rawa (danau) yang terletak di Kota Ambarawa yaitu Rawa Pening.

Di Ambarawa, kamu bisa menikmati wisata alam sekaligus wisata kuliner. Untuk wisata alam ada beberapa lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi yaitu :

  1. Museum Palagan Ambarawa,
  2. Danau Rawa Pening,
  3. Museum Kereta Ambarawa Koening atau Willem I Spoorweg,
  4. Losari Coffee Plantation Resort,
  5. Pasar Bunga Bandungan,
  6. Candi Gedung Songo di perbukitan Gunung Ungaran,
  7. Fort Willem II dan
  8. Gua Maria Kerep.
  9. Sedang wisata kuliner khas kota Ambarawa, yang bisa kamu cicipi di antaranya:
  10. Pecel Tukinem,
  11. Tahu Serasi,
  12. Serabi Ngampin
  13. Eva Coffe House dan
  14. Sate Kelinci Bandungan

OBJEK WISATA ALAM

1. Museum Palagan Ambara. 


Museum Palagan Ambaran didirikan untuk mengenang sebuah peristiwa perlawanan rakyat terhadap Sekutu yang terjadi di Ambarawa pada tanggal 12 Desember 1945 dan pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir dan Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur ke Semarang.

Museum Ambarawa

Museum ini yang didirikan tahun 1973 dengan dilengkapi beberapa senjata seperti meriam ukuran 7,7 sentimeter tinggalan Jepang, meriam anti tank, truk pengangkut pasukan milik sekutu yang berhasil direbut Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada zaman dulu ikut dipajang di museum itu.


Monumen Museum Ambarawa

2. Danau Rawa Pening. 


Rawa Pening adalah objek yang baik bagi mereka yang suka fotografi.



Aktivitas sehari-hari sederhana dari penduduk setempat, seperti nelayan yang berlayar di perahu mereka di pagi hari sebelum matahari terbit untuk menangkap ikan, serta Bukit-bukit di mana pengunjung dapat melihat matahari terbit disebut sebagai Bukit Cinta (Love Hills), menambah keasyikan tersendiri berada di Rawa Pening.

3. Museum Kereta Api Ambarawa 


(sebelumnya bernama Koening Willem I – dibuka pada tahun1873). Museum ini memiliki koleksi beberapa lokomotif tua yang masih bisa digunakan. Pengunjung dapat mencoba jalur Ambarawa-Bedono rak-lagu sejauh 9 kilometer dengan menggunakan kereta wisata pegunungan. Kereta api ini didorong oleh sebuah mesin uap lokomotif yang menggunakan kayu jati sebagai bahan bakar. Snack lokal akan disajikan selama perjalanan.

4. Losari Coffee Plantation Resort

Di Stasiun Bedono, kereta api akan membawa kita ke Losari Coffee Plantation-Resort and Spa. Resor ini memiliki luas puluhan hektar perkebunan kopi. Di sini kita juga dapat menemukan  tanaman rempah-rempah. Coba deh, nikmati makan siang sambil mengamati pemandangan alam sekitarnya atau menikmati pemandangan dari lima gunung dari beranda. Jangan lupa, bermalamlah di resort ini. Kenapa? karena kamu akan menikmati indahnya Kota Ambarawa di waktu malam plus merasakan suasana jawa di zaman kolonial!



Menikmati secangkir kopi langsung dari kebunnya merupakan pengalaman menyenangkan, ditambah lagi suasana alamnya yang indah. Dimana kita bisa melakukannya? Yuk, beramai-ramai datang di Losari Spa Retreat and Coffee Plantation.

Jika ingin menikmati suasana pegunungan sekaligus menghirup aroma kopi langsung dari kebunnya, datang saja ke Losari Spa Retreat and Coffee Plantation. Resort sekaligus kebun kopi di Kecamatan Grabag, Magelang, Jawa Tengah ini menawarkan perpaduan keindahan alam, tradisionalitas, dan teknologi terkini, sehingga bisa memanjakan fisik sekaligus jiwa Anda.


Losari Spa Retreat and Coffee Plantation adalah resort, spa, sekaligus kebun kopi yang sudah ada sejak masa penjajahan Belanda, hingga kini masih terpelihara dengan baik. Tampak dari halaman depan, Losari hanya dibatasi dengan pintu kokoh yang tinggi. Tapi begitu masuk ke halaman, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan luar biasa.  Disini benar-benar dikepung berbagai puncak gunung. Di sebelah selatan terdapat puncak Andong, Merbabu, Merapi, dan Telomoyo. Sebelah barat puncak Gunung Perahu, Sindoro, dan Sumbing, sementara di bagian barat laut tampak puncak Ungaran.

Sejak pertama kali dibeli pada 1991 sampai 1999, tempat ini memang kebun kopi. Baru setelahnya, dibangun resort Losari seluas 22 ha, termasuk di dalamnya kebun kopi seluas 10 ha.
Jika Anda datang disaat Losari baru panen, maka Anda akan menyaksikan buah kopi matang yang berwarna kemerahan. Buah kopinya masih muda dan berwarna hijau, sehingga agak sulit mengenalinya di tengah-tengah rimbunnya pepohonan kopi.

Jenis kopi yang ditanam di Losari sebagian besar adalah kopi Robusta yang sudah disilangkan dengan jenis Liberica. Selain Robusta, Losari pun menanam Arabica yang berdaun kecil dan batangnya langsing.  Yang paling mencolok, ternyata di Losari terdapat berbagai macam tanaman bambu. ”Ada sekitar 14 macam tanaman bambu yang tumbuh di sini,” ujar Hermanto, salah satu awak Losari. Bambu, selain sebagai peneduh dan hiasan, batangnya juga bisa berfungsi sebagai kayu bakar untuk memasak kopi.

Setelah dipanen, kopi masih harus melalui beberapa proses sebelum bisa dinikmati. Pilih buah kopi yang benar-benar matang, kupas, lalu jemur. Sebelum digoreng, pilih lagi biji yang benar-benar sempurna artinya biji yang utuh dan tidak pecah.  ”Karena biji yang tidak utuh jika digoreng dengan biji yang utuh, mereka tidak akan matang bersamaan. Biji yang tidak utuh akan gosong, sehingga jika digiling akan merusak rasa kopi secara keseluruhan,” terang Hermanto.

Losari juga menawarkan berbagai cottage dan vila yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Anda bisa memilih menginap di Bella Vista yang menawarkan kemewahan sekaligus eksklusivitas yang hanya bisa dinikmati penyewanya.  Terdiri dari 5 kamar terpisah yang bisa dihubungkan dengan pintu penghubung, Bella Vista menawarkan kemewahan yang nyata. Kelima kamar didesain dengan interior yang berbeda, tetapi sama indahnya.  Nikmati kamar mandinya yang menawarkan kemewahan mandi ala putri keraton. Sebagian dinding kamar mandi diberi kaca bening. Yang paling mengasikkan tentu saja private pool dengan pemandangan luar biasa indah.

Kolamnya berada di bibir tebing, sehingga seolah-olah Anda berenang di ujung dunia, dengan pemandangan puncak gunung di atas, serta sawah yang menghijau di bawah anda.  Hanya ingin menghabiskan malam berdua dengan pasangan tanpa gangguan dari yang lain? Pilih saja villa Ambar. Didesain khusus hanya untuk pasangan yang ingin menghabiskan malam istimewanya, Ambar pun menawarkan keistimewaannya.

Anda bisa memilih puncak gunung yang akan menjadi pemandangan di beranda kamar. Villa Ambar juga menawarkan kenyamanan mandi mewah di kamar mandi atau di halaman seperti layaknya orang-orang di pedesaan jaman dulu.  Bedanya, Anda bisa mandi di shower di luar halaman dengan pemandangan gunung yang indah dan tidak akan takut orang yang mengintip, karena area ini dirancang sebagai area privat. Di Losari Anda akan menikmati kenyamanan secara fisik dan mental.

5. Pasar bunga Bandungan. 


Ini terletak di tepi Gunung Ungaran pada ketinggian 900 m di atas permukaan laut sekitar 7 km dari Ambarawa Kota, Desa Bandungan Kecamatan Ambarawa. Yang sangat bagus sekali tempat untuk dikunjungi, sejuk, segar dan sangat dekat dengan suasana alam pegunungan. Horsen tur untuk melihat bunga, sayuran dan rempah perkebunan. Sebuah pasar tradisional siap untuk menawarkan berbagai barang dagangan lokal, sangat lezat kue kacang (tahu) dan susu kacang segar. Hotel, villa, bungalow, udara terbuka tempat istirahat, restoran, pasar buah yang tersedia di sini. Bandungan Hill resor dengan suberp freshair. Mengunjungi pasar dapat menjadi sangat enlighr tening pengalaman dengan wajah ramah. Di puncak bukit ini terdapat banyak tempat tinggal dan juga resort.


eberapa kilometer, Anda dapat mengunjungi peternakan di vegetasi gradien dari bukit-bukit, bertingkat-tingkat baik, salah satu bahkan bisa menemukan daun tembakau. Bandungan juga merupakan wilayah produksi utama bunga potong di Jawa Tengah. Bandungan menghasilkan bunga-bunga potong aster, mawar, tagetes, Gerbera, dahlia, gladiol, krisan, anyelir, lili dan setangkai amarilis.

6. Candi Gedung Songo


Gedong Songo berarti sembilan bangunan (candi). Ini abad kedelapan candi Hindu dari Gedung Songo yang tersebar di sepanjang kaki bukit di sekitar Gunung Ungaran. Sembilan candi cukup sederhana dalam arsitektur, namun pengaturan yang luar biasa menawarkan pemandangan Danau Rawa Pening dan gunung-gunung sekitarnya. Terletak 5 km dari Bandungan (appr. 15 menit berkendara) menuju kaki bukit Gunung Ungaran, di ketinggian 1,300-1,500 m di atas permukaan laut. The Gedong Songo sembilan kelompok candi Hindu yang dibangun pada pertengahan abad 9, Songo artinya sembilan. Pengunjung dapat menikmati udara segar dengan pemandangan pegunungan termasuk banyak lagi daya tarik di sini seperti camping ground, mandi air panas, kuda perjalanan dan hotel.





7. Benteng Willem II. 


Benteng ini dibangun oleh Belanda. Antara 1942-1946 oleh Jepang benteng ini digunakan sebagai kamp orang Belanda. Sekarang, militer Indonesia menggunakannya, dan ada juga penjara militer bagi laki-laki di dalam sebuah bagian dari gedung besar. Bagian lain masih digunakan sebagai rumah, beberapa keluarga tinggal di sini. Ada gerbang besar di sekitarnya. Anda harus pergi ke belakang jika Anda ingin melihat bagian dalam dan berbicara dengan para penjaga pertama.

WISATA KULINER

1. Pecel Tukinem Ambarawa. 


Pecel Ini Didirikan Oleh Almarhumah Veronica Tukinem Asal Sanggrahan Ambarawa. Pecel Tukinem dijual mulai  jam 07-12 siang diatas Kantor Yayasan Gotong Royong setiap hari. Pecel ini biasanya menjadi santapan sarapan pagi. Nah, untuk yang mau beli sesudah jam 12 siang, datang aja di rumah mbok tukinem di daerah Sanggrahan, bawah Sekolah Teknik Menengah Dr cipto. Bagi yang ingin pesan agar tidak kehabisan? Silahkan menghubungi : 0298 592 083.

Menu: Pecel
Harga: Rp 8.000
Alamat: Jl. Kridanggo, Sanggrahan atau Jl Brigjen Sudiarto, Lodoyong, Ambarawa.
Telpon: 0298 592 083.

2. Tahu Serasi Bendungan


Tahu ini merupakan tahu khas dari daerah Bandungan, Ambarawa. Di daerah ini memang terkenal sebagai sentral pengrajin tahu. Selain tahu serasi juga dijual sari kedelai yang rasanya sangat gurih. Tahu Serasi sendiri warnanya putih bersih dan sangat padat. Rasanya sangat enak dan gurih. Keistimewaannya tahu serasi buatan Bandungan tidak mengunakan pengawet sama sekali. Biasanya menikmati tahu serasi, tahu digoreng terlebih dahulu. Satu bungkus tahu serasi yang isinya delapan potong harganya berkisar Rp 10.000. Menikmati tahu serasi, penjual biasanya menyediakan sambel kecap yang dibuat dengan bawang goreng dan irisan cabe yang dicampur jadi satu dengan kecap manis. Untuk minumannya, tersedia sari kedelai. Rasanya sangat manis dan segar. Minuman ini bisa kamu pesan panas atau dingin.

Menu: Tahu
Harga: Rp 10.000
Alamat: Jl. Raya Bandungan - Sumowono KM.1
Telpon:

3. Eva Coffee House


Rumah kopi ini merupakan bisnis keluarga penduduk asli ambarawa sejak tahun 1956. Perkebunan kopi yang dimiliki keluarga ini seluas 4 hektar terletak bagian belakang warung kopi. Kopi hasil perkebunan dijual dengan merek dagang KOPI EVA. Di warung kopi ini juga dijual beragam kopi mulai dari biji kopi, kopi bubuk sampai kopi berbentuk sirup. Kisaran harga satu bungkus kopi eva Rp 5000 - Rp 12.500. Biji kopi seharga Rp 12.500, sedang sirup kopi seharga  Rp 25.000 per botol.
Menu: kopi
Harga: mulai dari Rp 5.000
Alamat: Jl Raya Ambarawa, Bedono
Telpon: (+62) 298 591155

4. Sate Kelinci Bandungan


Selain tahu serasi, di Bandungan, kamu juga bisa menikmati sate kelinci dengan rasa dagingnya yang lembut dan gurih. Penjual sate kelinci di daerah ini jumlahnya juga tak kalah banyak. Kebanyakan penjualnya adalah mbok-mbok. Mereka menempati lokasi di pinggir jalan atau menempel pada tembok objek wisata Bandungan. Harga untuk 10 tusuk sate kelinci dengan lontong atau nasi berkisar Rp 11.000,- Untuk yang tidak suka sate kelinci, bisa nikmati sate ayam dengan harga lebih murah Rp 1.000,- Sate kelinci ini maupun sate ayam disantap dengan bumbu kacang yang kental.
Menu: Sate Kelinci
Harga: Rp 11.000
Alamat: Jl. Raya Bandungan - Sumowono KM.1
Telpon:

5.Pecel Mbok Kami

Pecel Mbok Kami sebenarnya sederhana saja, tak beda dari pecel-pecel yang lain. Dalam satu porsi terdiri dari nasi, sedikit mie goreng, dan aneka sayuran yang kemudian disiram dengan sambal kacang yang rasanya manis-gurih. Yang membedakan adalah kualitas sambal kacangnya yang sudah membuat banyak orang kesengsem. Barangkali ini yang namanya “beda tangan, beda rasanya”. Meski bumbu sambal kacang yang digunakan sama dengan yang lain, tapi tetap ada citarasa yang khas disana.
Menu: Pecel
Harga: Rp 10.000
Alamat: Jl. Goa Maria Kerep – Ambarawa. Dekat terminal Ambarawa
Telpon:

6. Surabi Kuah Ambarawa


Kamu mungkin sudah terbiasa dengan serabi model Solo atau Bandung yang biasa dikombinasikan dengan aneka macam topping, seperti cokelat, pisang, angka, oncom, keju, bahkan telur. Tapi ada satu lagi serabi tradisional yang perlu anda coba: serabi kuah ala Ambarawa. Anda akan menemui banyak penjual serabi kuah ini di pinggir jalan raya Magelang – Ambarawa.
Serabi kuah memang tidak spesifik berasal dari Ambarawa, tapi serabi yang dijual disini memang punya ciri khas tersendiri. Serabinya berukuran kecil, tipis, dan punya tiga macam warna: putih polos, hijau dan cokelat. Warna hijau dan cokelat itu sebenarnya berasal dari topping serabi. Yang cokelat dari gula merah, dan yang hijau dari adonan warna hijau (mungkin dari daun suji). Serabi ini hanya punya dua rasa: polos/orisinal dan gula merah.
Menu: Serabi, jenang Ngampin, peyek kacang, dan kerupuk opak (sermier)
Harga: mulai Rp 2000
Alamat: Ngampin, Ambarawa. Sepanjang pinggir jalan di jalur utama yang menghubungkan Magelang-Ambarawa.
Telpon: -

7. Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari

Gecok, mungkin kata ini masih asing di telinga. Tapi bila kamu orang Semarang, mungkin sudah sering mendengarnya, bahkan mencicipi kuliner satu ini. Gecok  Tlogo  berasal dari desa Tlogo, Tuntang, kabupaten Semarang. Makanan ini mirip dengan tengkleng Solo, hanya saja jika tengkleng menggunakan santan, gecok tidak. Dari segi rasa, gecok lebih berani dibandingkan tengkleng, karena  lebih kaya bumbu dan rasanya yang ekstra pedas. Rasa ekstra pedas ini didapatkan dari campuran cabai Jawa atau cabai jamu yang dipergunakan dalam olahan gecok.
Warung gecok ini berada di Desa Tlogo, Tuntang, Kabupaten Semarang, letaknya memang jauh dari pusat kota. Anda jangan kaget bila menenukan warung ini hanyalah berupa warung kecil dan sederhana, namun siapa mengira bila warung tersebut memiliki pelanggan sejumlah pejabat Pemkab Semarang, bahkan Wakil Gubernur Ali Mufiz pun pernah singgah untuk menikmati gecok ini saat melakukan kunjungan ke daerah Tuntang.
Menu: Gecok
Harga: mulai Rp 10.000
Alamat: Desa Tlogo,
Telpon: -

8. Rumah Makan Sate Sapi Pak Kempleng


Sate Sapi Pak Kempleng memiliki keistimewaan, yaitu tekstur dagingnya yang walaupun berotot namun lembut dan tidak berlemak karena daging yang digunakan adalah daging khas dalam dan lulur. Selain itu untuk mengurangi kadar kolesterol pada sate sapi sebelum dibakar  lemak- lemak yang menempel di daging dibersihkan terlebih dahulu. Sate sapi memiliki rasa yang manis, karena sebelum dirangkai menjadi sate, potongan –potongan daging direndam dalam bumbu yang bercampur gula aren, semakin lama potongan daging direndam, semakin meresap bumbu. Sate Sapi Pak Kempleng  selalu berusaha menggunakan daging kualitas terbaik yang didapatkan dari Salatiga.
Sate sapi biasanya disantap dengan lontong dan nasi. Bumbu kacang dan irisan cabe dan bawang merah ditempatkan ditempat yang berbeda, tidak disiramkan ke atas sate. Harga satu porsi sate sapi plus lontong berkisar Rp25.000,-. Sate Sapi Pak Kempleng buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 21.00 WIB.
Menu: sate sapi
Harga: Rp25.000
Alamat: Jl. Diponegoro 265 Ungaran, Semarang.
Telpon:

9. Gudeg MerakmatiGudeg Merakmati

Warung gudeg ini terletak di Jl. Soekarno-Hatta 89, yaitu di jalur lintas Semarang – Solo, sekitar 2 km sebelah utara terminal bis Bawen. Warung ini bukan warung makan yang mewah, bahkan bisa dikatakan sederhana. Namun demikian, warung gudeg ini mempunyai tempat parkir yang cukup luas dengan pelanggan yang sangat banyak.
Gudeg yang dijual di sini adalah jenis gudeg kering, tetapi tidak terlalu manis. Ini sedikit berbeda dengan gudeg Jogja yang cenderung legit.  Seperti gudeg Jogja, bersama gudeg ada juga daun singkong rebus, areh, dan lauk pendamping gudeg yang lainnya. Yang kemudian membuat gudeg ini spesial adalah adanya koyor (urat tendon sapi yang direbus sampai empuk dalam bumbu) goreng. Selain itu, masih ada juga jeroan sapi lainnya yang menjadi pendamping istimewa dari gudeg Merakmati ini. Jeroan-jeroan ini dimasak dengan sangat teliti sehingga cita rasa bumbunya dapat meresap sampai ke dalam, dan tentunya menjadi teman yang pas untuk gudeg yang manis dan gurih.
Menu: Gudeg
Harga: mulai Rp 10.000
Alamat: Jl. Soekarno-Hatta 89
Telpon:

10. Serabi Ngampin. 

Pangan olahan, serabi ini dapat dijumpai di Desa Ngampin, yang merupakan salah satu kuliner khas daerah ini. Begitu juga hasil kopi di Bedono. Serabi ini dijual di sepanjang jalan protokol Ambarawa-Magelang (tepatnya 1 km setelah Subterminal Bus Ambarawa menuju Yogyakarta). Selain serabi di Ngampin ini juga dijual beragam makanan khas yang berupa jenang Ngampin, peyek kacang, dan kerupuk opak (sermier). Makanan tersebut hasil olahan singkong.
Serabi Ngampin memang menjadi primadona usaha warga di sekitar desa itu. Ia merupakan makanan khas Kabupaten Semarang. Rasanya enak dan menarik. Proses pengolahannnya memperhatikan aspek higienis dan sanitasi, sehingga aman bagi kesehatan konsumen. Selain itu proses pembuatan serabi Ngampin juga terjaga karena tidak menggunakan bahan makanan tambahan (BMT), seperti pengawet, pewarna makanan, pemanis, dan penambah aroma buatan (sintetis).

PELANGI MULTIMEDIA

Info dan Pemesanan Hub. HP. 0857-2705-3099 / 0857-8609-6166 Kami adalah komunitas pengrajin enceng gondok dari Ambarawa Kab. Semarang, memiliki Anggota 7 kelompok lebih pengrajin dengan kreasi produk kerajinan higga ratusan jenis produk.

No comments:

Post a Comment